Syarat dan Ketentuan
Selamat datang di layanan usaha toko online berbasis teknologi informasi bernama CrediMart (“Aplikasi”). CrediMart disediakan dan dikelola oleh PT. Ruang Dagang Internasional (“Kami” atau “Penyelenggara”) selaku pihak penyedia layanan. Dengan mengakses dan/atau menggunakan aplikasi CrediMart, maka Anda dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan setuju untuk tunduk terhadap Syarat dan Ketentuan ini. Mohon untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama dan secara menyeluruh. Dalam hal Anda tidak setuju dengan Syarat dan Ketentuan ini, Anda berhak untuk tidak mengakses dan/atau tidak menggunakan Layanan.
Definisi
Istilah-istilah yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan ini mempunyai arti sebagai berikut:
- Akun” berarti setiap akun atas nama Pengguna yang terdaftar pada Aplikasi CrediMart.
- “Anda” atau “Pengguna” berarti setiap orang yang mengakses dan/atau menggunakan Layanan (kegiatan usaha toko online, pengaturan barang/produk, aktivitas transaksi, dan layanan lainnya).
- “Aplikasi CrediMart” berarti aplikasi atau perangkat lunak pada ponsel pintar (smartphone) atau tablet (mobile apps) dengan nama ‘CrediMart’ yang dikelola oleh PT. Ruang Dagang Internasional.
- “Kebijakan Privasi” berarti perjanjian antara Penyelenggara dan Pengguna mengenai kebijakan privasi sehubungan dengan Layanan.
- “Para Pihak” berarti Penyelenggara dan Pengguna secara bersama-sama, sebagaimana relevan, dan “Pihak” adalah masing-masing dari Para Pihak, sebagaimana relevan.
- “CrediMart” berarti aplikasi milik PT. Ruang Dagang Internasional.
- “Toko Online” berarti setiap toko online yang terdaftar di Aplikasi CrediMart dan menggunakan layanan CrediMart.
- “Pelanggan” berarti setiap orang yang melakukan pesanan di toko online Anda.
Ketentuan Umum
- Kami merupakan penyelenggara yang semata-mata berfungsi sebagai penyedia layanan usaha toko online dan sarana penghubung antara Pengguna sehubungan dengan kegiatan usaha melalui Aplikasi CrediMart yang dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Kami mungkin menyediakan beberapa tautan tertentu pada Layanan yang merujuk atau mengarahkan Anda ke situs atau aplikasi pihak ketiga. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas informasi, konten dan/atau materi lainnya yang terdapat dalam tautan milik pihak ketiga tersebut.
- Anda setuju untuk menerima pesan dalam bentuk apapun dari Penyelenggara sehubungan dengan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada short message service (sms), pesan melalui Layanan atau Aplikasi CrediMart, pesan melalui aplikasi lainnya seperti ‘WhatsApp’, push notification, dan/atau surat elektronik, dan Anda berjanji untuk memberikan tanggapan atau respon sebagaimana secara wajar diminta oleh Penyelenggara.
- Anda berjanji untuk menggunakan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart semata-mata hanya untuk tujuan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini atau syarat dan ketentuan lain yang berlaku pada Aplikasi CrediMart, termasuk mengakses informasi terkait dengan Layanan dan menggunakan Layanan, dan hanya akan menggunakan akses yang diizinkan atau berhak Anda gunakan. Anda berjanji tidak akan menggunakan Akun, Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart untuk setiap tujuan, aktivitas, upaya percobaan, atau melakukan tindakan apapun, yang melawan hukum dan/atau yang dapat merugikan Penyelenggara dan/atau PT. Ruang Dagang Internasional.
- Kami dapat mengambil langkah-langkah atau menempuh upaya-upaya yang dimungkinkan menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada, menonaktifkan atau memblokir atau menutup atau tidak memberikan akses ke Akun, Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart, atau fitur-fitur tertentu pada Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart, melakukan pemeriksaan atau investigasi dan menghimpun data aktivitas Pengguna melalui Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart, menyampaikan laporan kepada otoritas berwenang, memberikan surat peringatan, mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini, mengajukan tuntutan ataupun gugatan, dan/atau menempuh setiap upaya atau proses hukum yang tersedia berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dalam hal terdapat indikasi kecurangan, pemberian informasi, data dan/atau dokumen yang tidak benar atau menyesatkan, pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, dan/atau hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku oleh Pengguna. Kami dapat melibatkan dan/atau bekerja sama dengan pihak ketiga independen dan/atau aparat penegak hukum dalam mengambil tindakan-tindakan sebagaimana disebutkan di atas.
- Kami berhak memantau akses, aktivitas, atau penggunaan Akun dan/atau Layanan oleh Pengguna untuk memastikan kepatuhan Pengguna terhadap Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi dan/atau hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau perintah pengadilan atau otoritas berwenang
Ketentuan Penggunaan Layanan
- Anda dapat mengakses atau menggunakan Layanan setelah Anda menyelesaikan proses registrasi pada Aplikasi CrediMart dengan tunduk pada syarat dan ketentuan sebagaimana PT. Ruang Dagang Internasional tentukan dari waktu ke waktu, dan memiliki Akun.
- Anda hanya boleh menggunakan Akun Anda sendiri dan berjanji tidak akan mengizinkan orang lain untuk menggunakan identitas atau Akun Anda. Anda wajib menjaga kerahasiaan kata sandi Akun Anda dan setiap akses atau identifikasi yang telah Anda buat atau Penyelenggara berikan kepada Anda. Dalam hal terdapat pengungkapan atau kebocoran kata sandi, akses, atau identifikasi Anda yang menyebabkan penggunaan Akun atau identitas Anda oleh pihak ketiga dalam hal apapun, maka setiap aktivitas atau perintah yang timbul dari Akun tersebut akan dianggap sah dan tetap menjadi tanggung jawab Anda, kecuali Anda telah memberitahukan pengungkapan atau kebocoran tersebut kepada Penyelenggara dalam periode waktu 48 (empat puluh delapan) jam sebelumnya ke alamat surat elektronik: [email protected]
- Anda berjanji untuk segera memberitahu Penyelenggara dalam hal (i) Akun Anda dicuri dan/atau diretas, atau (ii) apabila perangkat elektronik atau seluler Anda yang di dalamnya terdapat Aplikasi CrediMart hilang, dicuri, dan/atau terjadi peristiwa lain yang menyebabkan perangkat elektronik atau seluler tersebut tidak lagi berada dalam penguasaan Anda yang berpotensi mengganggu keamanan atau dapat diaksesnya Akun Anda oleh pihak ketiga.
- Dalam hal dipersyaratkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, Kami berhak untuk dari waktu ke waktu meminta Anda untuk mengisi dan/atau memberikan informasi, data dan/atau dokumen tertentu lainnya sebagaimana dipersyaratkan, termasuk secara elektronik, kepada Kami.
- Anda wajib untuk menghapus seluruh data dan/atau informasi dari semua perangkat elektronik dan seluler Anda apabila Anda menerima atau mendapatkan data dan/atau informasi yang tidak terkait dengan Layanan atau yang tidak diperuntukan untuk Anda.
- Kecuali secara tegas diperbolehkan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, Anda dilarang untuk melakukan hal-hal yang melawan hukum atau tanpa kewenangan dan/atau tidak sesuai dengan tujuan pemilikan Akun dan/atau penggunaan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada:
- melakukan pelanggaran hukum atau pelanggaran hak pihak ketiga lainnya;
- melakukan upaya untuk memperoleh akses secara tidak berwenang ke Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart, atau sistem atau jaringan atau peladen (server) yang terkait dengannya;
- mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik Penyelenggara;
- mengirimkan konten atau materi yang tidak pantas/asusila, berisi ancaman, atau melanggar hukum atau hak pihak lainnya, antara lain yang tidak sesuai untuk anak-anak atau melanggar perlindungan data pribadi pihak lainnya;
- mengirimkan materi yang mengandung virus, worms, trojan horses, kode, file, scripts, agents, atau program yang merusak atau mengganggu Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart, atau sistem atau jaringan atau peladen (server) yang terkait dengannya;
- menghambat atau merusak integritas atau performa Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart, atau sistem atau jaringan atau peladen (server) yang terkait dengannya atau data yang terkandung di dalamnya;
- melakukan reverse engineering atau mengakses perangkat lunak Penyelenggara dalam rangka membuat Layanan atau layanan sejenis atau menyalin ide, fitur, atau desain Layanan;
- meluncurkan program atau script, termasuk namun tidak terbatas pada web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus, atau worms atau program yang menghasilkan permintaan ganda ke peladen (server) dalam hitungan detik;
- meretas atau melakukan upaya peretasan atau melakukan modifikasi terhadap atau sistem atau jaringan atau peladen (server) yang terkait dengannya yang dimiliki atau dikelola oleh Penyelenggara;
- melakukan tindakan atau upaya yang dapat merusak reputasi atau menyebabkan pencemaran nama baik atau penghinaan terhadap Penyelenggara.
- Pengadaan dan seluruh biaya terkait penggunaan perangkat elektronik atau seluler yang diperlukan oleh Anda untuk mengakses atau menggunakan Akun atau Layanan adalah tanggung-jawab Anda sendiri sepenuhnya, termasuk namun tidak terbatas pada, pembelian dari perangkat elektronik atau seluler tersebut dan pembayaran semua biaya yang dikenakan oleh penyedia layanan telekomunikasi, termasuk namun tidak terbatas pada paket data internet.
Ketentuan Terkait Kegiatan Usaha Toko Online
- Anda dapat melakukan penjualan maupun terima pesanan dari pelanggan setelah Anda menyelesaikan proses registrasi Aplikasi CrediMart secara elektronik dengan tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini. Untuk dapat melakukan kegiatan usaha toko online, Anda wajib (a) mengisi dan memberikan informasi, data dan/atau dokumen secara akurat dan lengkap, dan (b) memenuhi segala syarat dan ketentuan, sebagaimana Penyelenggara persyaratkan atau tentukan dari waktu ke waktu atas diskresi Penyelenggara sepenuhnya. Anda menyetujui bahwa dalam hal di kemudian hari terdapat perubahan atas informasi, data dan/atau dokumen yang telah Anda berikan kepada Penyelenggara, Anda akan segera melakukan pengkinian informasi, data dan dokumen dengan memberikan dan menyerahkan perubahannya kepada Penyelenggara melalui surat elektronik: [email protected].
- Anda dapat melakukan kegiatan usaha toko online dengan menambahkan daftar produk yang akan dijual, membagikan link toko maupun produk jualan ke pelanggan, terima dan proses pesanan dari pelanggan.
- Pelanggan dapat melakukan pesanan di toko online Anda melalui link toko yang Anda bagikan melalui Aplikasi.
- Anda dapat melakukan penerimaan, pembatalan atau penolakan pesanan pelanggan dengan alasan-alasan tertentu terkait kegiatan usaha online.
- Mekanisme Pembayaran saat ini hanya dapat dilakukan melalui persetujuan metode pembayaran antara Anda dan Pelanggan. Adapun adanya perubahan mekanisme Pembayaran akan dilakukan sewaktu waktu oleh Kami dengan adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.
- Untuk setiap kegiatan pengiriman oleh Jasa Pengiriman dilakukan diluar Aplikasi melalui persetujuan Anda dan Pelanggan.
Pemblokiran Akun dan Penonaktifan Layanan
- Atas keputusan Penyelenggara, Kami berhak untuk menonaktifkan atau memblokir atau menutup atau tidak memberikan akses ke Akun, Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart, dalam hal Anda:
- terdapat permintaan blokir dari instansi pemerintah, kepolisian atau penegak hukum, instansi moneter yang terkait dan/atau perintah pengadilan;
- laporan tertulis bahwa telepon genggam Anda hilang, diretas, dicuri, atau hal lain yang menyebabkan kemungkinan terjadinya penggunaan tanpa sepengetahuan dan/atau kesadaran Anda sendiri;
- terdapat indikasi transaksi yang mencurigakan;
- tindakan yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi
- Apabila Akun Anda diblokir, segera hubungi layanan customer Kami dan sampaikan bukti-bukti pendukung bahwa Akun Anda sedang diblokir melalui [email protected]. Kami akan segera melakukan pemeriksaan dan memberikan penjelasan mengapa hal tersebut terjadi. Jika setelah meninjau bukti pendukung yang telah Anda sampaikan, Kami akan menentukan apabila pemblokiran tersebut dapat dihentikan atau diteruskan.
- Kami sewaktu-waktu berhak menonaktifkan secara permanen atau sementara akses Anda ke Akun atau Aplikasi CrediMart atas diskresi Kami sendiri dengan adanya suatu pemberitahuan kepada Anda, terutama apabila terdapat laporan tertulis atau adanya indikasi penipuan atau alasan kriminal lain yang telah disampaikan oleh pihak ketiga atas Akun Anda tersebut.
- Penutupan atau penghentian akses terhadap Layanan tidak menghapus hak Penyelenggara untuk mengambil setiap tindakan lain yang dianggap perlu sehubungan dengan pelanggaran yang dilakukan oleh Anda, termasuk namun tidak terbatas pada, melakukan pemeriksaan dan menghimpun data aktivitas Anda melalui Layanan dan/atau Aplikasi CrediMart, memberikan surat peringatan, dan melakukan setiap upaya hukum yang dapat ditempuh menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Peristiwa Cidera Janji
- “Peristiwa Cidera Janji” timbul apabila salah satu atau lebih peristiwa atau hal-hal berikut ini terjadi:
- Anda melanggar ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi;
- penggunaan Akun, Layanan, Aplikasi CrediMart dan/atau fitur atau layanan lainnya pada Aplikasi CrediMart oleh Anda bertentangan atau melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, syarat dan ketentuan penggunaan Aplikasi CrediMart, kebijakan privasi penggunaan Aplikasi CrediMart, syarat dan ketentuan penggunaan fitur atau layanan lainnya pada Aplikasi CrediMart, kebijakan privasi penggunaan fitur atau layanan lainnya pada Aplikasi CrediMart, dan/atau setiap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- penggunaan Akun, Layanan, Aplikasi CrediMart dan/atau fitur atau layanan lainnya pada Aplikasi CrediMart oleh Anda bertentangan atau melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, syarat dan ketentuan penggunaan Aplikasi CrediMart, kebijakan privasi penggunaan Aplikasi CrediMart, syarat dan ketentuan penggunaan fitur atau layanan lainnya pada Aplikasi CrediMart, kebijakan privasi penggunaan fitur atau layanan lainnya pada Aplikasi CrediMart, dan/atau setiap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- menurut diskresi Penyelenggara, terjadi hal-hal yang merugikan atau dapat merugikan Penyelenggara, Penyedia Sistem Pembayaran, PT. Ruang Dagang Internasional dan/atau penyediaan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan dan/atau pola penyalahgunaan (abusive) dan/atau penipuan (fraudulent) atau ketika sistem Penyelenggara mengindikasikan adanya pola transaksi keuangan yang mencurigakan.
- Atas timbulnya Peristiwa Cidera Janji, Penyelenggara berhak untuk menghentikan Layanan dan/atau mengakhiri secara sepihak Syarat dan Ketentuan ini, sebagaimana relevan dan berlaku; dan/atau
- Dalam hal Penyelenggara melaksanakan hal-hal di atas atas dasar Peristiwa Cidera Janji namun Anda memiliki bukti yang kuat bahwa tidak ada Peristiwa Cidera Janji yang terjadi, Anda dapat mengajukan sanggahan atau keberatan kepada Penyelenggara. Penyelenggara akan segera memeriksa sanggahan atau keberatan tersebut, dan atas diskresinya sendiri menentukan ada atau tidaknya Peristiwa Cidera Janji dan/atau melanjutkan pelaksanaan hal-hal di atas.
- Para Pihak dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sejauh ketentuan tersebut mengatur dibutuhkannya persetujuan atau putusan pengadilan untuk mengakhiri Syarat dan Ketentuan, sebagaimana relevan.
Tanggung Jawab Penyelenggara
- Pendaftaran penggunaan layanan hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi CrediMart, sehingga Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas tindakan lainnya, termasuk permintaan data pribadi atau informasi kepada Anda, selain yang dilakukan melalui Layanan pada Aplikasi CrediMart.
- Pada saat pendaftaran untuk memperoleh Akun, Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas kebenaran, kelengkapan dan akurasi data pribadi dan informasi yang diberikan. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas setiap akibat yang timbul dari ketidak-benaran, ketidaklengkapan dan/atau ketidak-sesuaian data pribadi atau informasi Anda yang diberikan pada proses pendaftaran.
- Penyelenggara tidak memberikan pernyataan atau jaminan tentang tidak adanya gangguan, interupsi, atau cacat pada Aplikasi maupun akurasi dan kelengkapan data dan informasi yang tersedia pada Aplikasi. Layanan Penyelenggara disediakan “sebagaimana adanya” kepada Anda. Anda mengakui dan setuju bahwa Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian, termasuk namun tidak terbatas pada, kehilangan data, kerusakan barang, cidera, atau kerusakan-kerusakan lain dalam bentuk apapun yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau tidak dapat digunakannya Layanan melalui Aplikasi CrediMart.
- Anda mengerti dan memahami sepenuhnya upaya Penyelenggara untuk senantiasa mengambil langkah-langkah yang wajar untuk menjaga keamanan Layanan dan agar Layanan terbebas dari virus dan/atau gangguan, dan dalam hal ini Penyelenggara tidak dapat menjamin keamanan database maupun menjamin bahwa informasi yang Anda berikan kepada Penyelenggara tidak akan diintersepsi ketika ditransmisikan kepada Penyelenggara.
- Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan apapun, baik secara tersurat maupun tersirat, bahwa: (a) penggunaan Layanan akan bebas dari gangguan atau interupsi apapun; (b) Layanan dapat berfungsi sebagaimana mestinya apabila digunakan dengan perangkat keras, perangkat lunak, sistem atau data lainnya; (c) galat (error) pada Layanan akan diperbaiki; dan (d) aplikasi atau peladen (server) yang memungkinkan tersedianya Layanan bebas dari virus atau komponen yang berbahaya.
- Anda secara tegas membebaskan Penyelenggara, afiliasi, karyawan, direktur, komisaris, penasihat, perwakilan dan/atau agennya dari segala hak, gugatan, tuntutan, kepentingan, tanggung jawab, kerugian, dan biaya (termasuk biaya jasa hukum) apapun yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan Layanan serta pelanggaran hak pihak ketiga yang timbul dari Layanan atau penggunaannya yang tidak sah.
- Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kelalaian atau kesalahan yang timbul dari pengunggahan atau pengisian informasi, data dan/atau dokumen.
Hak Kekayaan Intelektual
‘CrediMart’, termasuk nama dan logonya dan layanan Kami dilindungi oleh hak cipta dan hak kekayaan intelektual yang berlaku berdasarkan hukum Republik Indonesia. Kami dan pemberi lisensi (sebagaimana berlaku) adalah pemilik seluruh hak dan manfaat atas nama, logo, Layanan dan seluruh hak kekayaan intelektual sehubungan dengannya. Setiap upaya untuk melanggar hak kekayaan intelektual yang diatur pada ketentuan ini memberikan hak kepada Kami untuk menyebabkan penghentian hak-hak Pengguna berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini. Penggunaan Aplikasi tidak dapat diartikan sebagai persetujuan atau pemberian hak atau lisensi apapun kepada Anda oleh Penyelenggara, dan setiap bagian dari Layanan akan tetap menjadi milik Penyelenggara.
Ketentuan Lain-lain
- Syarat dan Ketentuan ini berlaku efektif setiap saat Anda mengakses dan/atau menggunakan Layanan melalui Aplikasi CrediMart. Syarat dan Ketentuan ini (bersama-sama dengan Kebijakan Privasi) berlaku sebagai perjanjian yang sah dan diberlakukan secara elektronik sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengikat Para Pihak.
- Anda menyatakan dan menjamin bahwa (i) Anda adalah subyek hukum yang cakap dan berwenang menurut ketentuan hukum yang berlaku untuk memiliki Akun, menggunakan Layanan, dan/atau mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi, (ii) Seluruh informasi, data dan/atau dokumen yang Anda berikan kepada Penyelenggara terkait dengan kepemilikan Akun, penggunaan Layanan dan pendaftaran untuk memperoleh Akun adalah benar, akurat, lengkap, dan masih berlaku; dan (iii) Anda telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi, dan Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi merupakan kewajiban hukum yang sah dan mengikat Anda.
- Atas dasar diskresi Penyelenggara, Kami berhak untuk sewaktu-waktu mengubah Syarat dan Ketentuan ini dengan menyampaikan pemberitahuan kepada Anda. Anda dapat mengakses setiap perubahan Syarat dan Ketentuan ini melalui Layanan. Anda dianggap menyetujui dan tunduk pada perubahan Syarat dan Ketentuan ini dengan tetap mengakses dan/atau menggunakan Layanan melalui Aplikasi CrediMart. Anda bebas untuk tidak mengakses atau tidak menggunakan Layanan dalam hal Anda tidak menyetujui perubahan Syarat dan Ketentuan tersebut.
- Dalam hal satu atau lebih ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan menurut hukum yang berlaku, maka ketidak-berlakuan, ketidaksahan atau kondisi tidak dapat dilaksanakannya ketentuan tersebut tidak akan berdampak apapun terhadap keberlakuan, keabsahan, dan dapat dilaksanakannya ketentuan-ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Anda tidak dapat mengalihkan sebagian atau seluruh hak dan/atau kewajiban Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan. Penyelenggara berhak mengalihkan sebagian maupun seluruh haknya dan/atau kewajibannya kepada pihak lainnya, sebagaimana akan diberitahukan kepada Anda melalui perubahan Syarat dan Ketentuan, sebagaimana berlaku. Pengalihan tersebut tidak menghapus hak dan kewajiban yang telah ada antara Para Pihak yang bersangkutan sebelum tanggal pengalihan.
Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Perselisihan
Syarat dan Ketentuan ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.
Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan setiap perselisihan sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini secara musyawarah mufakat. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak diterimanya pemberitahuan tertulis oleh salah satu Pihak dari Pihak lainnya tentang timbulnya perselisihan, maka perselisihan dimaksud akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
Kontak Kami
Anda dapat menyampaikan saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan terkait dengan Layanan kepada Kami pada setiap Hari Kerja pukul 09.00-17.00 WIB melalui alamat surat elektronik: [email protected]. Untuk menanggapi atau merespon saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda, Kami akan melakukan verifikasi atas informasi atau data Anda. Kami berhak untuk menolak, memproses atau merespon saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda dalam hal informasi atau data Anda tidak sesuai dengan informasi atau data yang tertera di sistem Kami. Kami akan melakukan verifikasi atas setiap saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda dan memberikan tanggapan atau respon sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini beserta prosedur dan kebijakan internal Kami yang berlaku dari waktu ke waktu setelah memperoleh saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan yang lengkap dari Anda.